Mei 01, 2017

MAKALAH PENILAIAN PORTOFOLIO


MAKALAH
PENILAIAN PORTOFOLIO

Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Drs. Ahmad Hanafi, MA
 










Disusun oleh :
Kelompok 8

Disusun oleh :
1.      Fikriya                         (2015.3.3.1.00224)
2.      Megawati Indah          (2015.3.3.1.00233)
3.      Nafsiyah Najdah         (2015.3.3.1.00229)
4.      Ratu Nur Istiqomah    (2015.3.3.1.00236)

 


Contoh RPP kelas 4 smester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                     :
Kelas/Semester                         : VI/ I
Tema/Subtema/Pembelajaran    : 2. Persatuan dalam Perbedaan / 2.1 Rukun dalam Perbedaan / 4
Alokasi Waktu                          : 190 Menit ( 1 pembelajaran)

A.   Kompetensi Inti (KI)
KI. 1    :    Menerima, menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2    :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI. 3    :    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI. 4    :    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   Kompetensi Dasar  dan Indikator

BAHASA INDONESIA
3.1       Menggali informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata.
Indikator
3.1.1    Menggali informasi dari teks laporan investigasi

4.1.      Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan serta campuran dan larutan secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku.
Indikator
4.1.1    Menyajikan teks laporan investigasi strategi mengukur sudut dalam kehidupan sehari-hari (sudut pada cabang tumbuhan dll) di lingkungan sekitar.

MATEMATIKA
3.3       Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
Indikator
3.3.1    Menceritakan strategi mengukur besar sudut menggunakan satuan tidak baku.

4.6       Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut diantara  dua jarum jam
Indikator
4.6.1    Mengukur sudut pada benda dalam kehidupan sehari-hari menggunakan satuan tidak baku
IPS
3.2       Menunjukkan pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai denganawal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangssaan dan bernegara.
Indikator
3.2.1    Menjelaskan melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan

4.2.      Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan sampai denganawal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangssaan dan bernegara dalam bentuk tulisan.
Indikator
4.2.1.   Menyajikan secara lisan dan tulisan  masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan Proklamasi kemerdekaan.

C.   Tujuan Pembelajaran
Fokus PembelajaranBahasa Indonesia, Matematika, IPS
1. Melalui kegiatan observasi dan eksplorasi, siswa mampu men ceritakan strategi mengukur besar sudut menggunakan satuan tidak baku dengan cermat dan logis. 
2. Menggunakan satuan tidak baku, siswa mampu mengukur sudut pada benda di dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat dan logis.
3. Setelah melakukan eksplorasi dan observasi, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah mengukur sudut menggunakan satuan tidak baku dengan menggunakan bahasa yang runtut dan kosakata baku.
4. Setelah melakukan eksplorasi, siswa mampu menulis teks laporan investigasi menggunakan bahasa yang runtut dan menggunakan kosakata baku.
5. Melalui lini masa, siswa mampu menjelaskan perubahan kehidup an bangsa Indonesia dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta tanah air.
6. Melalui lini masa, siswa mampu mempresentasikan tentang pe rubahan kehidupan bangsa Indonesia dari Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta tanah air.

D.   Materi Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia     : Laporan investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
2.  Matematika          :    Besar Sudut
3. IPS                       :    Sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia

E.    Metode Pembelajaran
1. Metode                 :    Ceramah, Tanya Jawab, Kelompok, Curah Pendapat,penugasan
2. Pendekatan           :    Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomonikasikan)
3.  Model                  :    Discovery Learning

F.    Media, alat dan sumber belajar
1.    Media                  :    Gambar
2.    Alat                      :    Karton/kertas, gunting dan alat tulis
3.    Sumber belajar          : Buku guru dan buku siswa SD/MI kelas VI, lingkungan sekolah

G.   Kegiatan Pembelajaran
       Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.        Siswa  berdo’a bersama dipimpin salah satu siswa.
2.        Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.        Siswa menyanyikan lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” bersama-sama, dan guru mengaitkan lagu tersebut dengan materi yang akan dipelajari.
4.        Guru menyampaikan tema dan subtema yang akan dipelajari.
5.        Guru memberikan motivasi agar siswa belajar dengan giat.
Kegiatan Inti


































































Penutup
Fase orientasi
1.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.        Guru memotivasi peserta didik
3.        Guru mengajak siswa observasi lingkungan sekitar

Fase Mengorganisasikan Siswa
1.        Siswa mengamati gambar lingkungan di sekitar kita yang terdapat pada buku siswa.

2.        Siswa diminta untuk membuat pertanyaan mengenai gambar yang mereka amati.
3.        Siswa mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat secara berkelompok
4.        Dengan permasalahan yang harus didiskusikan tersebut, siswa dibentuk ke dalam kelompok kecil.
5.        Setelah siswa mampu  menanggapi permasalahan  berdasarkan gambar tersebut, guru meminta siswa menyebutkan jenis sudut-sudut yang mereka temukan pada mozaik tadi dan memberikan penjelasan cara mereka menentukan jenis sudut tersebut

Fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok
6. Siswa mencari informasi dari berbagai sumber untuk memecahkan permasalahan yang mereka dapat.
7. Masing-masing kelompok diminta untuk berhipotesis terhadap permasalahan yang ada.
8. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya hingga mereka yakin terhadap jawaban yang mereka diskusikan
Fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya
9.  Setelah siswa berdiskusi, tiap kelompok diminta menuliskan seluruh
hasil diskusi dan pengamatan mereka.
10.Guru membantu dan membimbing siswa dalam membuat laporan hasil pengamatan mereka agar siswa dapat mengembangkan laporan mereka dengan benar dan lengkap.
11. Siswa membuat laporan berdasarkan struktur yang ditentukan oleh guru agar hasil karya mereka lebih rapi dan terorganisir.
12.Ketika siswa berdiskusi, guru berkeliling untuk menilai proses belajar pada tiap kelompok
Fase Menganalisis dan Mengevaluasi proses pemecahan masalah
13. Setelah semua kelompok selesai membuat laporan, sebelum guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok untuk  memamerkan hasil pekerjaan mereka di dinding kelas. Kelompok yang lain dapat mengamati dan membandingkan hasil pekerjaan masing-masing kelompok.
14. Setelah kegiatan pameran selesai, guru  meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan oleh masing-masing kelompok
15. Ketika tiap kelompok maju, kelompok lainnya diminta memperhatikan dan memberikan penilaian

1.        Guru memberi penilaian dan pujian bagi kelompok yang melakukan pengamatan dan membuat karya dengan baik. bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaia siswa)
2.         Siswa bersama guru membuat simpulan materi.
3.        Memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
4.        Menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang.
5.        Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran).

H.   Penilaian
       Teknik Penilaian
       1.  Penilaian sikap
            a.  Obervasi
                 1). Sikap Religius

NO
NAMA
ASPEK PERILAKU YANG DINILAI
KETERANGAN
Berdoa sebelum belajar
Khusuk dalam berdoa
1




2




3




4





                     *   Berdoa sebelum belajar: siswa berdoa/mengucap bismillah sebelum belajar, mengerjakan tugas.
                     *   Khusuk dalam berdoa: siswa tertib atau khusuk dalam berdoa.
2). Sikap Sosial
NO
NAMA
ASPEK PERILAKU YANG DINILAI
KETERANGAN
Peduli
Percaya Diri
1




2




3




4




*   peduli: siswa ikut mendukung dalam mengerjakan tugas kelompok
*   percaya diri: siswa berani bicara/tampil/presentase

2.  Penilaian pengetahuan
a.  Tes Tulis
1.      Dalam lirik lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” mencerminkan bahwa kita harus rukun dengan sesama. Sesuai peribahasa Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita ...
2.      Nilai-nilai apa saja yang dapat kamu petik dari kerukunan dalam perbedaan ?
3.      Dari lirik lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” temukan baris yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan !
    

4.      Dari mozaik di atas, jenis sudut apa saja yang kamu temukan ?
5.      hitunglah besar sudut dari gambar di atas

1.        Penilaian keterampilan
·           Projek
No
Nama
Produk/Hasil
Proses/sikap
Presentase
Skor

Kelompok 1





Kelompok 2





Kelompok 3






Rubrik penilaian Matematika
Keterampilan

Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Mengamati, menganalisis, dan menyimpulkan
Siswa menemukan 3 strategi untuk mengukur sudut.
(v)
Siswa menemukan 2 strategi  mengukur sudut.
Siswa menemukan 1 strategi mengukur sudut.
Siswa tidak menemukan strategi  mengukur sudut.
Mengkomunikasikan

Siswa mampu menjelaskan strategi mengukur sudut dengan menarik dan mudah dipahami.
Siswa menjelaskan strategi mengukur sudut dengan jelas meskipun kurang menarik.
Siswa menjelaskan strategi mengukur sudut dengan menarik tetapi sulit dipahami.
Siswa tdak mampu menjelaskan strategi mengukur sudut.
Sikap
Siswa menunjukkan sikap:
•Tanggung jawab.
•Tertib.
• Mandiri.
•Cermat.
• Kritis.
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.          (v)
Memenuhi 3dari 5 kriteria di kolom 1.
Memenuhi 2 dari 5 kriteria di kolom 1.                      

Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Keterampilan

Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Menulis: tulisan laporan hasil investigasi

•Pemakaian huruf besar benar.
•Pemakaian tanda baca tepat.
• Penggunaan kosa kata baku benar.
•Tulisan rapi dan terbaca. 
•Informasi berdasarkan fakta   hasil investigasi.
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.

Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.

Hanya memenuhi 2 kriteria.


Berbicara
Siswa melakukan diskusi dengan:.
•Suara terdengar jelas.
•Kalimat runtut dan mudah dimengerti.
•Bahasa yang santun.
• Percaya diri.
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1. 

Memenuhi 1 dari 3 kriteriadi kolom 1. 

Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1. 

Menyimak
Siswa menyimak pendapat teman dengan:
•Penuh perhatian.
•Memberikan tanggapan dengan tepat.
Memenuhi semua kriteria di kolom 1. 

Memenuhi 1 dari 2 kriteria di kolom 1.
 

Tidak memenuhisemua kriteria di kolom 1. 
Sikap
Siswa mengerjakan tugas dengan:
•Tekun.
• Mandiri.
•Percaya diri.
•Selesai tepat waktu.      
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.

Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.

Hanya memenuhi1 kriteria.
Rubrik penilaian IPS
Keterampilan

Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
Menuliskan lini masa perubahan kehidupan masyarakat dari Masa Persiapan Kemerdekaan.
Mampu menuliskan 4  perubahan dengan benar.

Mampu menuliskan 3 perubahan dengan benar.

Mampu menuliskan 2 perubahan dengan benar.

Mampu menuliskan 1 perubahan dengan benar.
Mengomunikasikan Informasi
• percaya diri.
•Kontak mata.
• suara jelas.
•mudah dpahami.

Memenuhi 4 kriteria.

Memenuhi 3 kriteria.

Memenuhi 2 kriteria.

Memenuhi 1 kriteria.

                                                                       
                                                                        ..................................    Agustus 201...          
                                                                        Guru Kelas,


                                                                        (..................................)