MAKALAH
PENILAIAN PORTOFOLIO
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Drs. Ahmad Hanafi, MA
Disusun oleh :
Kelompok 8
Disusun oleh :
|
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdo’a bersama dipimpin salah satu siswa.
2.
Guru mengingatkan materi
sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Dari
Sabang Sampai Merauke” bersama-sama, dan guru mengaitkan lagu tersebut dengan
materi yang akan dipelajari.
4.
Guru menyampaikan tema dan
subtema yang akan dipelajari.
5.
Guru memberikan motivasi agar
siswa belajar dengan giat.
|
Kegiatan
Inti
Penutup
|
Fase orientasi
1.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Guru memotivasi peserta didik
3.
Guru mengajak siswa observasi lingkungan sekitar
Fase Mengorganisasikan Siswa
1.
Siswa mengamati
gambar lingkungan di sekitar kita yang terdapat pada buku siswa.
2.
Siswa diminta untuk membuat pertanyaan mengenai gambar
yang mereka amati.
3.
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat secara berkelompok
4.
Dengan permasalahan yang harus didiskusikan
tersebut, siswa dibentuk ke dalam kelompok kecil.
5.
Setelah siswa mampu
menanggapi
permasalahan berdasarkan gambar
tersebut, guru meminta siswa menyebutkan jenis sudut-sudut yang mereka
temukan pada mozaik tadi dan memberikan penjelasan cara mereka menentukan
jenis sudut tersebut
Fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok
6. Siswa mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memecahkan permasalahan yang mereka dapat.
7.
Masing-masing kelompok diminta untuk berhipotesis terhadap permasalahan yang
ada.
8. Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya
hingga mereka yakin terhadap jawaban yang mereka diskusikan
Fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya
9. Setelah
siswa berdiskusi, tiap kelompok diminta menuliskan seluruh
hasil diskusi dan pengamatan mereka.
10.Guru membantu dan membimbing siswa
dalam membuat laporan hasil pengamatan mereka agar siswa dapat mengembangkan
laporan mereka dengan benar dan lengkap.
11. Siswa membuat laporan berdasarkan struktur yang
ditentukan oleh guru agar hasil karya mereka lebih rapi dan terorganisir.
12.Ketika
siswa berdiskusi, guru berkeliling untuk menilai proses belajar pada tiap
kelompok
Fase Menganalisis dan Mengevaluasi
proses pemecahan masalah
13.
Setelah semua kelompok selesai membuat laporan, sebelum guru meminta
perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok
untuk memamerkan hasil pekerjaan
mereka di dinding kelas. Kelompok yang lain dapat mengamati dan membandingkan
hasil pekerjaan masing-masing kelompok.
14. Setelah kegiatan pameran selesai,
guru meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan oleh masing-masing kelompok
15. Ketika tiap kelompok maju,
kelompok lainnya diminta memperhatikan dan memberikan penilaian
1.
Guru memberi penilaian dan pujian bagi kelompok yang
melakukan pengamatan dan membuat karya dengan baik. bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaia siswa)
2.
Siswa bersama guru membuat
simpulan materi.
3.
Memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
4.
Menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang.
5.
Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran).
|
NO
|
NAMA
|
ASPEK
PERILAKU YANG DINILAI
|
KETERANGAN
|
|
Berdoa
sebelum belajar
|
Khusuk
dalam berdoa
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
NO
|
NAMA
|
ASPEK
PERILAKU YANG DINILAI
|
KETERANGAN
|
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
No
|
Nama
|
Produk/Hasil
|
Proses/sikap
|
Presentase
|
Skor
|
|
Kelompok 1
|
|
|
|
|
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
|
Kelompok 3
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Mengamati, menganalisis,
dan menyimpulkan
|
Siswa menemukan 3 strategi untuk mengukur sudut.
(v)
|
Siswa menemukan 2 strategi mengukur sudut.
|
Siswa menemukan 1 strategi mengukur
sudut.
|
Siswa tidak menemukan strategi mengukur sudut.
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa mampu menjelaskan strategi
mengukur sudut dengan menarik dan mudah dipahami.
|
Siswa menjelaskan strategi mengukur sudut dengan
jelas meskipun kurang menarik.
|
Siswa menjelaskan strategi mengukur
sudut dengan menarik tetapi sulit dipahami.
|
Siswa tdak mampu menjelaskan strategi
mengukur sudut.
|
Sikap
|
Siswa menunjukkan sikap:
•Tanggung jawab.
•Tertib.
• Mandiri.
•Cermat.
• Kritis.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom
1. (v)
|
Memenuhi 3dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 5 kriteria di kolom
1.
|
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Menulis: tulisan laporan hasil investigasi
|
•Pemakaian huruf besar benar.
•Pemakaian tanda baca tepat.
• Penggunaan kosa kata baku benar.
•Tulisan rapi dan terbaca.
•Informasi berdasarkan fakta hasil investigasi.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 2 kriteria.
|
Berbicara
|
Siswa melakukan diskusi dengan:.
•Suara terdengar jelas.
•Kalimat runtut dan mudah dimengerti.
•Bahasa yang santun.
• Percaya diri.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteriadi kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
|
Menyimak
|
Siswa menyimak pendapat teman dengan:
•Penuh perhatian.
•Memberikan tanggapan dengan tepat.
|
Memenuhi semua kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 2 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhisemua kriteria di kolom 1.
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan tugas dengan:
•Tekun.
• Mandiri.
•Percaya diri.
•Selesai tepat waktu.
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi1 kriteria.
|
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Menuliskan lini masa perubahan kehidupan masyarakat
dari Masa Persiapan Kemerdekaan.
|
Mampu menuliskan 4
perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 3 perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 2 perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 1 perubahan dengan benar.
|
Mengomunikasikan Informasi
• percaya diri.
•Kontak mata.
• suara jelas.
•mudah dpahami.
|
Memenuhi 4 kriteria.
|
Memenuhi 3 kriteria.
|
Memenuhi 2 kriteria.
|
Memenuhi 1 kriteria.
|