RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Kelas/Semester :
VI/ I
Tema/Subtema/Pembelajaran : 2. Persatuan dalam Perbedaan / 2.1 Rukun dalam Perbedaan / 4
Alokasi Waktu :
190 Menit ( 1 pembelajaran)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI. 1 : Menerima,
menjalankan,dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
KI. 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI. 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
BAHASA INDONESIA
3.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi tentang cirri khusus makhluk hidup dan
lingkungan serta campuran dan larutan dengan bantuan guru dan teman dalam
Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata.
Indikator
3.1.1 Menggali
informasi dari teks laporan investigasi
4.1. Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan investigasi
tentang cirri khusus makhluk hidup dan lingkungan serta campuran dan larutan
secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosa kata baku.
Indikator
4.1.1 Menyajikan
teks laporan investigasi strategi mengukur sudut dalam kehidupan sehari-hari
(sudut pada cabang tumbuhan dll) di lingkungan sekitar.
MATEMATIKA
3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
Indikator
3.3.1 Menceritakan
strategi mengukur besar sudut menggunakan satuan tidak baku.
4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan
derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut diantara dua jarum jam
Indikator
4.6.1 Mengukur sudut pada benda dalam kehidupan sehari-hari menggunakan satuan
tidak baku
IPS
3.2 Menunjukkan
pemahaman sebab dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa
pergerakan kemerdekaan sampai denganawal reformasi dalam kehidupan berpolitik,
berkebangssaan dan bernegara.
Indikator
3.2.1 Menjelaskan
melalui lini masa tentang perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari Masa
Persiapan Proklamasi Kemerdekaan
4.2. Menyajikan hasil pemahaman tentang sebab dan akibat
terjadinya perubahan masyarakat Indonesia dari masa pergerakan kemerdekaan
sampai denganawal reformasi dalam kehidupan berpolitik, berkebangssaan dan
bernegara dalam bentuk tulisan.
Indikator
4.2.1. Menyajikan
secara lisan dan tulisan masa tentang
perubahan kehidupan masyarakat Indonesia dari masa persiapan Proklamasi
kemerdekaan.
C. Tujuan
Pembelajaran
Fokus Pembelajaran: Bahasa
Indonesia, Matematika, IPS
1. Melalui
kegiatan observasi dan eksplorasi, siswa mampu men ceritakan strategi mengukur
besar sudut menggunakan satuan tidak baku dengan cermat dan logis.
2. Menggunakan
satuan tidak baku, siswa mampu mengukur sudut pada benda di dalam kehidupan
sehari-hari dengan cermat dan logis.
3. Setelah
melakukan eksplorasi dan observasi, siswa mampu menjelaskan langkah-langkah
mengukur sudut menggunakan satuan tidak baku dengan menggunakan bahasa yang
runtut dan kosakata baku.
4. Setelah
melakukan eksplorasi, siswa mampu menulis teks laporan investigasi menggunakan
bahasa yang runtut dan menggunakan kosakata baku.
5. Melalui
lini masa, siswa mampu menjelaskan perubahan kehidup an bangsa Indonesia dari
Masa Persiapan Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta tanah air.
6. Melalui lini masa, siswa mampu
mempresentasikan tentang pe rubahan kehidupan bangsa Indonesia dari Masa
Persiapan Proklamasi Kemerdekaan dengan penanaman nilai cinta tanah air.
D. Materi
Pembelajaran
1. Bahasa Indonesia : Laporan
investigasi tentang ciri khusus makhluk hidup
2. Matematika : Besar
Sudut
3. IPS : Sebab
dan akibat terjadinya perubahan masyarakat Indonesia
E. Metode
Pembelajaran
1. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Kelompok, Curah
Pendapat,penugasan
2. Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomonikasikan)
3. Model : Discovery
Learning
F. Media, alat dan sumber belajar
1.
Media : Gambar
2.
Alat : Karton/kertas, gunting dan alat tulis
3.
Sumber belajar : Buku guru dan buku siswa SD/MI
kelas VI, lingkungan sekolah
G. Kegiatan
Pembelajaran
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
|
1.
Siswa berdo’a bersama dipimpin salah satu siswa.
2.
Guru mengingatkan materi
sebelumnya dan mengaitkannya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Siswa menyanyikan lagu “Dari
Sabang Sampai Merauke” bersama-sama, dan guru mengaitkan lagu tersebut dengan
materi yang akan dipelajari.
4.
Guru menyampaikan tema dan
subtema yang akan dipelajari.
5.
Guru memberikan motivasi agar
siswa belajar dengan giat.
|
Kegiatan
Inti
Penutup
|
Fase orientasi
1.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Guru memotivasi peserta didik
3.
Guru mengajak siswa observasi lingkungan sekitar
Fase Mengorganisasikan Siswa
1.
Siswa mengamati
gambar lingkungan di sekitar kita yang terdapat pada buku siswa.
2.
Siswa diminta untuk membuat pertanyaan mengenai gambar
yang mereka amati.
3.
Siswa mendiskusikan pertanyaan yang mereka buat secara berkelompok
4.
Dengan permasalahan yang harus didiskusikan
tersebut, siswa dibentuk ke dalam kelompok kecil.
5.
Setelah siswa mampu
menanggapi
permasalahan berdasarkan gambar
tersebut, guru meminta siswa menyebutkan jenis sudut-sudut yang mereka
temukan pada mozaik tadi dan memberikan penjelasan cara mereka menentukan
jenis sudut tersebut
Fase membimbing penyelidikan individu dan kelompok
6. Siswa mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memecahkan permasalahan yang mereka dapat.
7.
Masing-masing kelompok diminta untuk berhipotesis terhadap permasalahan yang
ada.
8. Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya
hingga mereka yakin terhadap jawaban yang mereka diskusikan
Fase mengembangkan dan menyajikan hasil karya
9. Setelah
siswa berdiskusi, tiap kelompok diminta menuliskan seluruh
hasil diskusi dan pengamatan mereka.
10.Guru membantu dan membimbing siswa
dalam membuat laporan hasil pengamatan mereka agar siswa dapat mengembangkan
laporan mereka dengan benar dan lengkap.
11. Siswa membuat laporan berdasarkan struktur yang
ditentukan oleh guru agar hasil karya mereka lebih rapi dan terorganisir.
12.Ketika
siswa berdiskusi, guru berkeliling untuk menilai proses belajar pada tiap
kelompok
Fase Menganalisis dan Mengevaluasi
proses pemecahan masalah
13.
Setelah semua kelompok selesai membuat laporan, sebelum guru meminta
perwakilan kelompok untuk mempresentasikan
hasil diskusi mereka, guru memberikan kesempatan kepada setiap kelompok
untuk memamerkan hasil pekerjaan
mereka di dinding kelas. Kelompok yang lain dapat mengamati dan membandingkan
hasil pekerjaan masing-masing kelompok.
14. Setelah kegiatan pameran selesai,
guru meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikan hasil diskusi dan pengamatan oleh masing-masing kelompok
15. Ketika tiap kelompok maju,
kelompok lainnya diminta memperhatikan dan memberikan penilaian
1.
Guru memberi penilaian dan pujian bagi kelompok yang
melakukan pengamatan dan membuat karya dengan baik. bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaia siswa)
2.
Siswa bersama guru membuat
simpulan materi.
3.
Memberi tugas kepada siswa untuk dikerjakan dirumah.
4.
Menginformasikan kegiatan belajar yang akan datang.
5.
Mengajak semua siswa berdoa (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran).
|
H.
Penilaian
Teknik Penilaian
1. Penilaian sikap
a. Obervasi
1). Sikap Religius
NO
|
NAMA
|
ASPEK
PERILAKU YANG DINILAI
|
KETERANGAN
|
|
Berdoa
sebelum belajar
|
Khusuk
dalam berdoa
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
* Berdoa sebelum belajar: siswa berdoa/mengucap
bismillah sebelum belajar, mengerjakan tugas.
* Khusuk dalam berdoa: siswa tertib atau khusuk
dalam berdoa.
2). Sikap Sosial
NO
|
NAMA
|
ASPEK
PERILAKU YANG DINILAI
|
KETERANGAN
|
|
Peduli
|
Percaya
Diri
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
* peduli: siswa ikut mendukung dalam
mengerjakan tugas kelompok
* percaya diri: siswa berani
bicara/tampil/presentase
2. Penilaian pengetahuan
a. Tes Tulis
1.
Dalam lirik lagu “Dari Sabang
Sampai Merauke” mencerminkan bahwa kita harus rukun dengan sesama. Sesuai
peribahasa Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita ...
2.
Nilai-nilai apa saja yang dapat
kamu petik dari kerukunan dalam perbedaan ?
3.
Dari lirik lagu “Dari Sabang
Sampai Merauke” temukan baris yang berhubungan dengan persatuan dan kesatuan !
4.
Dari mozaik di atas, jenis sudut
apa saja yang kamu temukan ?
5.
hitunglah
besar sudut dari gambar di atas
1.
Penilaian keterampilan
·
Projek
No
|
Nama
|
Produk/Hasil
|
Proses/sikap
|
Presentase
|
Skor
|
|
Kelompok 1
|
|
|
|
|
|
Kelompok 2
|
|
|
|
|
|
Kelompok 3
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian Matematika
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Mengamati, menganalisis,
dan menyimpulkan
|
Siswa menemukan 3 strategi untuk mengukur sudut.
(v)
|
Siswa menemukan 2 strategi mengukur sudut.
|
Siswa menemukan 1 strategi mengukur
sudut.
|
Siswa tidak menemukan strategi mengukur sudut.
|
Mengkomunikasikan
|
Siswa mampu menjelaskan strategi
mengukur sudut dengan menarik dan mudah dipahami.
|
Siswa menjelaskan strategi mengukur sudut dengan
jelas meskipun kurang menarik.
|
Siswa menjelaskan strategi mengukur
sudut dengan menarik tetapi sulit dipahami.
|
Siswa tdak mampu menjelaskan strategi
mengukur sudut.
|
Sikap
|
Siswa menunjukkan sikap:
•Tanggung jawab.
•Tertib.
• Mandiri.
•Cermat.
• Kritis.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom
1. (v)
|
Memenuhi 3dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 5 kriteria di kolom
1.
|
Rubrik Penilaian Bahasa Indonesia
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Menulis: tulisan laporan hasil investigasi
|
•Pemakaian huruf besar benar.
•Pemakaian tanda baca tepat.
• Penggunaan kosa kata baku benar.
•Tulisan rapi dan terbaca.
•Informasi berdasarkan fakta hasil investigasi.
|
Memenuhi 4 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 3 dari 5 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi 2 kriteria.
|
Berbicara
|
Siswa melakukan diskusi dengan:.
•Suara terdengar jelas.
•Kalimat runtut dan mudah dimengerti.
•Bahasa yang santun.
• Percaya diri.
|
Memenuhi 2 dari 3 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 3 kriteriadi kolom 1.
|
Tidak memenuhi semua kriteria di kolom 1.
|
Menyimak
|
Siswa menyimak pendapat teman dengan:
•Penuh perhatian.
•Memberikan tanggapan dengan tepat.
|
Memenuhi semua kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 1 dari 2 kriteria di kolom 1.
|
Tidak memenuhisemua kriteria di kolom 1.
|
Sikap
|
Siswa mengerjakan tugas dengan:
•Tekun.
• Mandiri.
•Percaya diri.
•Selesai tepat waktu.
|
Memenuhi 3 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Memenuhi 2 dari 4 kriteria di kolom 1.
|
Hanya memenuhi1 kriteria.
|
Rubrik penilaian IPS
Keterampilan
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
Menuliskan lini masa perubahan kehidupan masyarakat
dari Masa Persiapan Kemerdekaan.
|
Mampu menuliskan 4
perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 3 perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 2 perubahan dengan benar.
|
Mampu menuliskan 1 perubahan dengan benar.
|
Mengomunikasikan Informasi
• percaya diri.
•Kontak mata.
• suara jelas.
•mudah dpahami.
|
Memenuhi 4 kriteria.
|
Memenuhi 3 kriteria.
|
Memenuhi 2 kriteria.
|
Memenuhi 1 kriteria.
|
.................................. Agustus 201...
Guru
Kelas,
(..................................)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar