MAKALAH
PENILAIAN PORTOFOLIO
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Kelompok
Mata Kuliah : Evaluasi Pendidikan
Dosen Pengampu : Drs. Ahmad Hanafi, MA
Disusun oleh :
Kelompok 8
Disusun oleh :
|
INSTITUT AGAMA ISLAM BUNGA BANGSA CIREBON
Jl. Widarasari III Tuparev-Cirebon
Telp (0231)246215 Fax (0231)2000811
Tahun Ajaran 2017
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap rasa syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Makalah ini penulis susun setelah mencari data-data yang relevan dari berbagai sumber. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas dari Dosen Mata Kuliah Evaluasi Pendidikan yaitu Drs. Ahmad Hanafi, MA selain itu juga untuk menginformasikan wawasan baru bagi rekan sejawat.
Makalah ini pada dasarnya merupakan hasil rangkuman dari berbagai sumber yang memadai mengenai Evaluasi hasil belajar dan Evaluasi berbasis portofolio Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Cirebon, April 2017
Penyusun,
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR............................................................................................... i
DAFTAR ISI.............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang................................................................................................. 1
B. Rumusan Masalah............................................................................................ 1
C. Tujuan Pembelajaran......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Penilaian Portofolio....................................................................... 2
B. Perbedaan Penilaian Portofolio dengan Penilaian lainnya................................ 5
C. Mendemonstrasikan Penilaian Portofolio......................................................... 6
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN............................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pembelajaran adalah suatu proses yang dinamis,
berkembang secara terus-menerus sesuai dengan pengalaman siswa. Semakin banyak
pengalaman yang dilakukan siswa, maka akan semakin kaya, luas, dan sempurna
pengetahuan mereka.
Pengalaman yang diperoleh siswa dari hasil
pemberitahuan orang lain seperti hasil dari penuturan guru, hanya akan mampir
sesaat untuk diingat dan setelah itu dilupakan. Oleh sebab itu membelajarkan
siswa tidak cukup hanya dengan memberitahukan akan tetapi mendorong siswa untuk
melakukan suatu proses melalui berbagai aktivitas yang dapat mendukung terhadap
pencapaian kompetensi.
Setiap aktivitas termasuk berbagai karya yang
dihasilkan siswa dari suatu proses pembelajaran, perlu dimonitor, diberi
komentar, dikritik dan diberi catatan perbaikan oleh setiap guru secara
terus-menerus. Melalui proses monitoring yang terus-menerus itulah pengalaman
belajar siswa akan terus disempurnakan hingga pada akhirnya akan menghasilkan
sesuatu yang lebih baik dan sempurna.
Bagaimana teknik melakukan monitoring terhadap hasil
kerja dan pengalaman siswa itu?. Pada makalah ini akan dijelaskan salah satu
dari teknik penilaian hasil belajar siswa, yaitu penilaian portofolio.
B. Rumusan Masalah
1. Apakah yang di maksud dengan penilaian portofolio ?
2. Bagaimana contoh penilaian portofolio
?
3. Bagaimana pemilihan isi penilaian
portofolio ?
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Mahasiswa mengetahui
pengertian penilaian portofolio.
2.
Mahasiswa mengetahui tujuan penilaian portofolio.
3.
Mahasiswa cara pemilihan isi penilaian
portofolio.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Penilaian Portofolio
Penilaian dalam bahasa ingggris sering disebut assessment, yang
berarti penaksiran atau menaksir. Menurut Sumarmo, Utari dan Hasan, Hamid
asesmen (penilaian hasil belajar) sebagai “proses sistematik untuk menentukan
pencapaian hasil belajar peserta didik” sedangkan Rustaman Y. Nuryani
mengemukakan bahwa “asesmen berada pada pihak yang diases dan digunakan untuk
mengungkap kemajuan perorangan. Dalam bidang pendidikan asesmen sering dikaitkan
dengan pencapaian kurikulum dan digunakan untuk mengumpulkan informasi
berkenaan dengan proses pembelajaran dan hasilnya”.[[1]]
Sedangkan Portofolio berasal dari bahasa inggris ”portofolio” yang artinya
dokumen atau surat-surat. Pendapat lain menyatakan portofolio berasal dari kata
kerja “potare” berarti membawa dan kata benda bahasa latin “foglio”, yang
berarti lembaran atau “kata kerja”. Portofolio tempat berisikan benda
pekerjaan, lembaran, nilai dan profesional. Dalam konteks ini portofolio adalah
koleksi berharga dan berguna berisikan benda pekerjaan peserta didik yang
menceritakan atau menerangkan sejarah prestasi atau pertumbuhan peserta didik.[[2]]
Menurut beberapa ahli portofolio memilki beberapa pengertian. Ada yang
memandang sebagai benda/alat, dan ada pula yang memandang sebagai metode/
teknik/ cara. Portofolio sebagai suatu wujud benda fisik, atau kumpulan suatu
hasil (bukti) dari suatu kegiatan, atau bundelan, yakni kumpulan dokumentasi
atau hasil pekerjaan peserta didik yang disimpan dalam suatu bundel.[[3]]
Misalnya, bundelan hasil kerja peserta didik mulai dari tes awal,
tugas-tugas, catatan anekdot, piagam penghargaan, sampai pada tes akhir.
Shaklee menyatakan bahwa porofolio merupakan sesuatu yang berharga dan
merupakan inovasi pendidikan. Sedangkan Rustaman, Nuryani mengartikan
portofolio sebagai kumpulan upaya, kemajuan atau prestasi peserta didik yang
terencana (bertujuan) pada area tertentu. Portofolio juga dapat diartikan
sebagai suatu koleksi yang dikhususkan dari pekerjaan peserta didik yang
menglami perkembangan yang memungkinkan peserta didik dan pendidik menentukan
kemajuan yang sudah dicapai oleh peserta didik.[[4]]
Secara umum, portofolio merupakan kumpulan dokumen berupa objek penilaian
yang dipakai oleh seseorang, kelompok, lembaga, organisasi, atau perusahaan
yang bertujuan untuk mendokumentasikan dan menilai perkembangan suatu proses.
Dalam dunia pendidikan, portofolio dapat digunakan guru untuk melihat
perkembangan peserta didik dari waktu ke waktu berdasarkan kumpulan hasil karya
sebagai bukti dari suatu kegiatan pembelajaran. Portofolio juga dapat dipandang
sebagai suatu proses sosial pedagogis, yaitu sebagai collection of learning
experience yang terdapat di dalam pikiran peserta didik, baik yang berwujud
pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun sikap dan nilai
(afektif). Artinya penilaian portofolio bukan hanya benda nyata, melainkan
mencakup “segala pengalaman batiniah” yang terjadi pada diri peserta didik.
Portofolio juga dapat digunakan oleh peserta didik untuk mengumpulkan semua
dokumen dari ilmu pengetahuan yang telah dipelajari, baik di kelas, di halaman
sekolah, atau di luar sekolah. [[5]]
Portofolio juga dapat diartikan sebagai kumpulan karya siswa yang disusun
secara sistematis dan terorganisir sebagai hasil dari usaha pembelajaran yang
telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Melalui hasil karya tersebut guru dapat
melihat perkembangan kemampuan siswa baik dalam aspek pengetahuan, sikap maupun
keterampilan sebagai bahan penilaian. Hasil karya siswa itu kemudian
dinamakan evidence. Melalui evidenceinilah,
siswa dapat mendemonstrasikan unjuk kerja kepada orang lain baik tentang
pengetahuan, sikap maupun keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Jadi secara sederhana portofolio dapat diartikan sebagai suatu kegiatan
untuk menunjukkan sekumpulan evidence (kumpulan hasil kerja
peserta didik).[[6]]
Popham menjelaskan “penilaian portofolio merupakan penilaian secara
berkesinambungan dengan metode pengumpulan informasi atau data secara
sistematis atas hasil pekerjaan peserta didik dalam kurun waktu tertentu”.
Dalam sistem penilaian portofolio, guru membuat file untuk tiap-tiap peserta
didik, berisi kumpulan sistematis atas hasil prestasi belajar mereka selama
mengikuti proses pembelajaran.[[7]]
Penilaian portofolio ini adalah suatu pendekatan atau model penilaian
yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam membangun dan
merefleksi suatu pekerjaan atau tugas atau karya melalui pengumpulan
(collection) bahan-bahan yang relevan dengan tujuan dan keinginan yang dibangun
oleh peserta didik, sehingga hasil pekerjaan tersebut dapat dinilai dan
dikomentari oleh guru dalam periode tertentu.
Di dalam file potofolio guru mengumpulkan bukti fisik dan catatan prestasi
peserta didik, seperti hasil ulangan, hasil tugas mandiri, serta hasil
praktikum. Selain prestasi akademik, isi file juga dapat di elaborasi dengan
lembar catatan prestasi non akademik yakni rekaman profile peserta didik yang
meliputi aspek kerajinan, kerapian, ketertiban, kejujuran, kemampuan kerja
sama, sikap, solidaritas, toleransi, kedisiplinan, prestasi olah raga,
kesenian, kepramukaan, dll.[[8]]
Data yang terkumpul dari waktu ke waktu ini kemudian digunakan oleh guru
untuk menilai dan melihat perkembangan kemampuan serta prestasi akademik
peserta didik dalam periode tersebut. File portofolio sekaligus akan memberikan
umpan balik (feed back) baik pada guru maupun peserta didik.
Penilaian portofolio memmpunyai tujuan untuk memberikan informasi kepada
orang tua tentang perkembangan peserta didik secara lengkap dengan dukungan
data dan dokumen yang akurat. Rapor merupakan bentuk laporan prestasi peserta
didik dalam kurun waktu tertentu. Portofolio merupakan lampiran dari rapor.[[9]]
Secara kontinum portofolio
bertujuan sebagai berikut;
1.
Untuk penilaian formatif dan diagnostik, untuk memonitor perkembangan
peserta didik .
2.
Untuk memberi evidence (bukti penilaian) formal.
3.
Untuk mengikuti pekembangan peserta didik, berfokus pada proses dan hasil.
4.
Untuk mengoleksi hasil pekerjaan yang telah selesai, berfokus pada
penilaian sumatif.
B. Perbedaan Penilaian
Portofolio dengan Penilaian lainnya
Beberapa perbedaan pokok antara tes sebagai suatu teknik atau alat
penilaian yang selama ini digunakan guru dengan penilaian portofolio sebagai
salah satu inovasi dalam pelaksanaan penilaian, diantaranya yaitu[[10]]:
NO
|
TES
|
NO
|
PENILAIAN PORTOFOLIO
|
1
|
Tes biasanya dilakukan untuk menilai kemampuan
intelektual siswa melalui penguasaan materi pembelajaran
|
1.
|
Penilaian portofolio menilai seluruh aspek
perkembangan siswa baik intelektual, minat sikap, dan keterampilan.
|
2.
|
Guru berperan sangat dominan dalam proses penilaian
sedangkan siswa berperan sebagai orang yang dinilai.
|
2.
|
Peserta didik terlibat dalam proses penilaian dengan
menilai dirinya sendiri mengenai kemampuan beserta dalam perkembangannya.
|
3.
|
Kriteria penilaian ditentukan satu untuk semua.
|
3.
|
Kriteria penilaian ditentukan sesuai dengan kriteria
siswa.
|
4.
|
Keputusan berdasarkan penilaian ditentukan sendiri
oleh guru.
|
4.
|
Proses penilaian beserta pengambilan keputusan
dilakukan dengan cara kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua.
|
5.
|
Penilaian dilakukan dengan berorientasi pada pencapaian
hasil belajar.
|
5.
|
Penilaian berorientasi pada kemajuan, usaha yang
dilakukan siswa termasuk pencapaian hasil belajar.
|
6.
|
Penilaian merupakan kegiatan yang terpisah dari
proses pembelajaran.
|
6.
|
Penilaian merupakan bagian integral dari proses pembelajaran.
|
7.
|
Penilaian melalui tes biasanya dilakukan pada akhir
program pembelajaran.
|
7.
|
Penilaian portofolio dilakukan selama proses
pembelajaran berlangsung.
|
C. Mendemonstrasikan
Penilaian Portofolio
Penilaian portofolio terdiri atas beberapa tahapan yaitu:
1.
Penentuan Tujuan Portofolio
Penentuan tujuan penggunaan
portofolio sangat penting, mengingat tanpa adanya tujuan guru maupun peserta
didik tidak akan terarah dan cenderung untuk mengerjakan portofolio seadanya.
Hal ini dapat dilakukan dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
a.
Mengapa portofolio itu dilakukan?
b.
Tujuan pembelajaran dan tujuan kurikulum ( dalam hal ini kompetensi dasar)
apa yang ingin dicapai?
c.
Alat penilaian yang bagaimana yang tepat untuk menilai tujuan tersebut?
d.
Apakah portofolio akan difokuskan pada hasil kerja yang baik, pertumbuhan
dan kemajuan belajar atau keduanya?
e.
Apakah portofolio itu akan digunakan untuk formatif, sumatif, diagnostik,
atau semuanya?
Tujuan utama dilakukannya
portofolio adalah untuk menentukan evidence peserta didik dan proses bagaimana
evidence tersebut diperoleh sebagai salah satu bukti yang dapat menunjukkan
pencapaian belajar peserta didik, yaitu telah mencapai kompetensi dasar, dan
indikator sesuai dengan yang telah ditelah ditetapkan dalam kurikulum.
Standar Kompetensi, Kompetensi
Dasar, Indikator, dan Materi Pokok Aspek Alquran Pendidikan Islam kelas 1 SD
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Pokok
|
Hafal Alquran surat-surat pendek pilihan
|
Hafal surat Alfatihah, Al ikhlas dan Al kautsar
|
Melafalkan Surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan Al
kautsar.
Menunjukkan Hafal surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan
Al kautsar.
Mendemonstrasikan surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan
Al kautsar.
|
Surat Al fatihah
Surat Al Ikhlas
Surat Al kautsar
|
Tugas portofolio aspek Alquran
mata pelajaran Agama Islam seperti nampak di atas dirancang untuk menilai
kemampuan menghafal surat Alfatihah, Al ikhlas dan Al kautsar, tentunya tidak
akan menyangkut penilaian kemampuan menyebutka Serta hafal rukun iman ataupun
kemampuan melafalkan syahadat tauhid dan syahadat Rasul.
2.
Penentuan Isi Portofolio
Isi portofolio haruslah
menunjukan kemampuan peserta didik yang sesuai dengan apa yang diharapkan pada
standar kompetensi, kompetensi dasar atau indikator pencapaian hasil belajar
yang terdapat dalam kurikulum. Untuk melakukan ini semua kegiatan yang sesuai
dengan standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator pencapaian hasil
belajar tentunya harus diamati dan dinilai.
3.
Mengembangkan kriteria penilaian
Kriteria penilaian harus
dirumuskan dengan jelas baik yang berhubungan dengan proses pembelajaran maupun
hasil belajar yang diharapkan. Kriteria penilaian yang digunakan dalam
penilaian portofolio bahasa indonesia misalnya yang berkaitan dengan pembuatan
sinopsis atau ringkasan cerita antara lain:
No
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
4.
5.
1.
|
Sistematika
Kesesuaian isi cerita dengan judul buku
Alur
EYD
Bentuk dan kerapian tulisan
|
0-20
0-35
0-15
0-20
0-10
|
Beberapa kriteria penilaian yang
dapat digunakan antara lain:
1) Kurang baik, 2) Baik, 3) Baik sekali
Atau
1) Jelek sekali, 2)
Jelek, 3) Sedang, 4) Baik, 5) Baik
sekali
4.
Menyusun format penilaian
Semua kriteria penilaian dituangkan dalam format penilaian.
Contoh format
penilaian portofolio Agama Islam kelas 1SD
Kompetensi Dasar
Hafal surat Alfatihah, Al ikhlas dan Al kautsar.
.
|
Nama peserta didik : wawan
Tanggal
: 21 maret 2012
|
|||||||||
Indikator
|
PENILAIAN
|
|||||||||
Melafalkan Surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan Al
kautsar.
Menunjukkan Hafal surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan
Al kautsar.
Mendemonstrasikan surat Al fatihah, Al Ikhlas, dan
Al Kautsar.
|
Kurang baik
|
Baik
|
Baik sekali
|
|||||||
|
|
|
||||||||
Dicapai melalui :
|
Komentar guru
Wawan sudah sangat baik menghafal surat Alfatihah,
Al ikhlas dan Al kautsar. Pertahankan prestasimu wawan.
|
|||||||||
v Pertolongan guru
|
||||||||||
v Seluruh kelas
|
||||||||||
v Kelompok kecil
|
||||||||||
v Sendiri
|
||||||||||
Komentar orang tua
|
5.
Pengamatan dan penilaian portofolio
Dalam pengamatan dan penilaian
portofolio, guru bisa saja meminta peserta didik untuk memberi komentar
terhadap tulisan yang dihasilkannya. Guru biasanya menyediakan penilaian diri
dan kuesioner yang digunakan oleh guru atau peserta didik. Peserta didik harus
memilki kemampuan, pengetahuan, dan keyakinan diri untuk mengevaluasi proses
yang sedang mereka kerjakan.
v
Contoh penilaian diri
PENILAIAN DIRI (SELF ASSESSSMENT)
§
Nama: . . . .
§
Anggota kelompok: . . . . .
§
Kegiatan kelompok: . . . .
v
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 3 tulis masing-masing huruf sesuai dengan
pendapatmu.
ü
A = selalu
ü
B = jarang
ü
C = jarang sekali
ü
D = tidak pernah
1.
...... Selama diskusi saya memberikan saran kepada kelompok untuk
didiskusikan
2.
...... Ketika kami berdiskusi, setiap anggota memberikan masukan untuk
didiskusikan
3.
...... Selama kegiatan kelompok,
saya. . .
___Mendengarkan
___Mengendalikan Kelompok
___Bertanya
___Mengganggu Kelompok
___Merancang Gagasan
___Tidur
4.
Selama kegiatan kelompok apa yang kamu lakukan?
___________________________________________
6.
Koleksi
Apabila semua evidence telah
dikerjakan peserta didik sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dalam
kurikulum, langkah selanjutnya adalah mengoleksi evidence tersebut.
7.
Seleksi
Dalam tahap ini peserta didik
akan memilih seluruh atau sebagian koleksi mereka lalu memilih hasil karya
terbaik untuk dinilai. Proses seleksi ini boleh jadi dilakukan oleh peserta
didik sendiri atau kelompok atau bahkan atas bimbingan guru.
Dalam seleksi evidence peserta
didik dioptimalkan sebaik mungkin. Partisipasi peserta didik dalam proses
seleksi memberikan kesempatan kepada mereka untuk merefleksikan karya mereka.
8.
Refleksi
Kepada Peserta didik ditanyakan
mengapa mengapa mereka memilih evidence tertentu untuk dinilai, bagaimana
membandingkan antara satu evidence yang dipilih dengan evidence yang tidak
dipilih, kemampuan dan pengetahuan khusus apa yang digunakan untuk memilih dan
menghasilkan eviidence tertentu, dan dimana atau kapan mereka dapat
meningkatkan kemampuannya sebagai peserta didik.
9.
Sumber dan pengorganisasian
Dokumen portofolio untuk setiap
peserta didik bisa berjumlah cukup banyak, sehingga perlu ada penataan agar
dokumen tersebut tersimpan dan tertata rapi sehinngga tidak mudah rusak.
Penatan dokumen dilakukan dengan pemisahan berdasarkan kelompok mata pelajaran.
Misalnya dalam bentuk folder. Folder itu sendiri perlu dilengkapi dengan:
a)
Identitas
siswa;
b)
Mata
pelajaran;
c)
Daftar isi
dokumen; dan
d)
Isi dokumen
beserta komentar-komentar baik guru maupun orang tua.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Penilaian portofolio ini adalah
suatu pendekatan atau model penilaian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan
peserta didik dalam membangun dan merefleksi suatu pekerjaan atau tugas atau
karya melalui pengumpulan (collection) bahan-bahan yang relevan dengan tujuan
dan keinginan yang dibangun oleh peserta didik, sehingga hasil pekerjaan
tersebut dapat dinilai dan dikomentari oleh guru dalam periode tertentu.
Beberapa perbedaan pokok antara
tes sebagai suatu teknik atau alat penilaian yang selama ini digunakan guru
dengan penilaian portofolio sebagai salah satu inovasi dalam pelaksanaan
penilaian, diantaranya yaitu:
NO
|
TES
|
NO
|
PENILAIAN PORTOFOLIO
|
1
|
Tes biasanya dilakukan untuk menilai kemampuan
intelektual siswa melalui penguasaan materi pembelajaran
|
1.
|
Penilaian portofolio menilai seluruh aspek
perkembangan siswa baik intelektual, minat sikap, dan keterampilan.
|
2.
|
Guru berperan sangat dominan dalam proses penilaian
sedangkan siswa berperan sebagai orang yang dinilai.
|
2.
|
Peserta didik terlibat dalam proses penilaian dengan
menilai dirinya sendiri mengenai kemampuan beserta dalam perkembangannya.
|
3.
|
Kriteria penilaian ditentukan satu untuk semua.
|
3.
|
Kriteria penilaian ditentukan sesuai dengan kriteria
siswa.
|
4.
|
Keputusan berdasarkan penilaian ditentukan sendiri
oleh guru.
|
4.
|
Proses penilaian beserta pengambilan keputusan
dilakukan dengan cara kolaboratif antara guru, siswa, dan orang tua.
|
5.
|
Penilaian dilakukan dengan berorientasi pada
pencapaian hasil belajar.
|
5.
|
Penilaian berorientasi pada kemajuan, usaha yang
dilakukan siswa termasuk pencapaian hasil belajar.
|
6.
|
Penilaian merupakan kegiatan yang terpisah dari
proses pembelajaran.
|
6.
|
Penilaian merupakan bagian integral dari proses
pembelajaran.
|
7.
|
Penilaian melalui tes biasanya dilakukan pada akhir
program pembelajaran.
|
7.
|
Penilaian portofolio dilakukan selama proses
pembelajaran berlangsung.
|
Adapun tahapan-tahapan penilaian
portofolio yaitu:
1.
Penentuan Tujuan Portofolio
2.
Penentuan isi portofolio
3.
Mengembangkan kriteria penilaian
4.
Menyusun format penilaian
5.
Pengamatan dan penilaian portofolio
6.
Koleksi
7.
Seleksi
8.
Refleksi
9.
Sumber dan pengorganisasian
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, Zaenal. 2011. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik,
Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fajar Arnie. 2004. Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Surapranata, Sumarna. 2004. Penilaian Portofolio Implementasi
Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
http://www.google.co.id/search?q=Pengertian+portofolio&hl=id&client=firefox-a&hs=vW6&rls=org.mozilla.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar