April 21, 2022

      Donor darah merupakan kegiatan yang baik,dimana selain kita bisa membantu orang yang membutuhkan darah, banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan ini. Kegiatan donor darah bisa menjadi ciri kalau kita termasuk ke dalam golongan orang yang peduli. Peduli kepada sesama dan peduli kepada diri sendiri. Selain bermanfaat bagi si penerima dan bagi kita, donor darah merupakan suatu amal kebaikan. Dan itu bisa menjadi pahala bagi kita jika melakukannya dengan niat yang ikhlas dan tulus. 

MANFAAT DONOR DARAH : 
  • Manfaat bagi Penerima 
Darah yang kita berikan kepada penerima bisa membuat waktu hidupnya sedikit lebih lama. Karena di beberapa situasi ada orang yang harus melakukan transfusi darah secara rutin. Dengan kita mendonorkan darah kita berarti kita membantunya untuk bisa hidup sedikit lebih lama.
  • Manfaat bagi Pendonor 
  1. Pemeriksaan kesehatan secara berkala Dengan kita rutin mendonorkan darah berarti kita sudah melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, karena sebelum darah kita diambil, kita akan melewati beberapa tahapan pemeriksaan seperti mengecek tekanan darah kita,berat badan kita,dll. Dan semua tahapan itu bertujuan untuk memastikan tubuh kita prima dan memenuhi syarat untuk melakukan donor. 
  2. Pembaruan sel-sel darah Ketika kita mengeluarkan darah,tubuh kita akan otomatis memproduksinya kembali. Setidaknya 48 jam setelah donor darah. Dan dengan sel-sel darah baru kiata menjadi lebih segar dan produktif.
  3. Menurunkan berat badan Ketika kita melakukan donor darah,kalori di dalam tubuh kita akan terbakar. Untuk setiap 500ml darah yang kita keluarkan,kalori yang terbakar mencapai 650 kalori.
  4. Mencegah penuaan dini Donor darah secara rutin akan membantu kulit kita beregenerasi secara sempurna.
  5. Menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan jantung.
Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita dapat dari kegiatan ini baik untuk tubuh maupun psikis kita.
Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula) [Q.S ar Rahman : 60] 
Dengan kita rajin mendonorkan darah kita berarti kita telah menumpuk kebaikan dan semoga kebaikan itu akan menjadi bekal bagi kita mengarungi kehidupan. jadi,maukah Anda mendonorkan darah Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar